Uncategorized

13 Tips dan Trik Pergi ke Spa Biar Nggak Menyesal

Biasanya ketika orang datang ke spa, tujuan utamanya ingin mendapatkan suasana yang rileks, tubuh yang segar dan pikiran yang jernih. Kalau kamu biasa spa, mungkin kamu sudah paham kira-kira apa saja persiapan yang perlu dibawa. Tapi nggak semua orang pernah mengunjungi spa dan tahu apa yang harus mereka lakukan. Bisa saja ketika kamu membaca tulisan ini, kamu memang sedang cari info apa saja persiapan sebelum mengunjungi spa biar nggak terlihat awam banget.

Berdasarkan pengalamanku selama ini, sebenarnya datang ke spa itu simpel. Tapi kadang kalau ada yang terlewat cukup bikin kesel. Kalau kamu belum pernah datang dan mengambil perawatan di spa, minimal kamu perlu tahu beberapa persiapan sebelum datang ke spa berikut ini.

1. Cari info di internet dan cek review

Ketika teman atau orang lain merekomendasikan satu nama, atau kebetulan kamu lagi di jalan dan melihat ada tempat spa yang tampak oke, coba cari infonya dulu dari internet. Review bisa dilihat dari aplikasi travel, aplikasi penyedia voucher atau blog seperti Pamperstory.com ini.

2. Tentukan waktu kunjungan

Kalau kamu masih sekolah atau kuliah, kamu bisa datang ke spa di hari kerja. Kalau kesibukan kamu nggak padat, lebih baik datang di hari kerja pada siang atau sore hari. Beberapa spa menyediakan happy hour dan kamu bisa dapat diskon. Spa pada jam pulang kantor atau weekend umumnya lebih ramai pengunjung.

Unsplash.com/Alan Caishan

3. Reservasi

Reservasi ini bisa dilakukan lewat telepon atau chat, tapi lebih baik lewat telepon karena bisa tanya jawab dengan lebih lancar. Kamu juga lebih yakin ketika reservasi lewat telepon ketimbang chat. Jangan lupa tanya jam buka dan jam tutup spa tersebut supaya kamu nggak ambil paket dengan durasi yang lama menjelang jam tutup spa.

4. Pilih jenis perawatan

Umumnya, spa menawarkan dua jenis perawatan, yaitu paket dan a la carte. Dalam satu paket biasanya ada beberapa perawatan, durasi dan harga, tinggal pilih mana yang ingin kamu coba. Sedangkan a la carte yaitu perawatan satuan, misal ingin totok wajah atau mandi susu saja.

Penting nih!

Sebenarnya kamu bebas memilih perawatan apa. Kamu bisa ambil perawatan yang belum pernah kamu coba untuk menambah pengalaman relaksasi kamu. Kamu juga boleh ambil perawatan yang sudah familier dan memang kamu butuhkan. Tapi kalau ingin mencoba hal baru, ada baiknya cari info dulu tentang perawatan tersebut, kira-kira apakah aman dan sesuai dengan kondisi tubuh kamu atau nggak. Atau kamu juga bisa tanya ke resepsionis tentang perawatan yang mau kamu coba saat reservasi.

5. Bawa pakaian dalam ganti

Persiapan sebelum pergi ke spa lainnya adalah membawa pakaian ganti. Biasanya tempat spa yang profesional menyediakan disposable panty atau celana dalam sekali pakai. Kamu bisa mengganti celana yang kamu pakai dengan disposable panty saat perawatan karena takut terkena lulur, minyak atau scrub. Tapi kalau tempat spa yang kamu datangi nggak menyediakan disposable panty, maka kamu perlu bawa celana dalam cadangan.

6. Jangan lupa bawa ikat rambut

Ketika dipijat atau dilulur, kamu akan rebahan di dipan. Rambutmu akan ke mana-mana kalau nggak diikat, apalagi ketika kamu harus telungkup. Maka dari itu jangan lupa untuk bawa ikat atau karet rambut. Walau spa juga mungkin menyediakan ikat rambut, lebih baik bawa sendiri daripada pinjam.

Unsplash.com/Uby Yanes

7. Datang lebih awal

Melakukan reservasi memang buat kamu tenang karena kamu nggak akan antre ketika spa sedang ramai. Tapi bukan berarti kamu boleh datang terlambat. Seenggaknya datang 15 lebih awal dari giliranmu. Jangan salahkan resepsionis atau pengunjung lain kalau giliranmu terlewat karena kamu datang terlambat.

8. Psst.. jangan malu untuk telanjang!

Saat spa, tentu kamu memilih terapis wanita, apalagi jika kamu melakukan perawatan seluruh tubuh. Dulu aku sempat kikuk sendiri saat harus telanjang, padahal terapisnya wanita. Tapi memang begitulah spa. Toh, selama perawatan, separuh badan kamu juga tetap ditutup kain.

9. Beri tahu kondisi tubuh kamu

Tugas terapis tentu memijat tubuh kamu dengan tekanan tertentu, tapi mereka sama sekali nggak tahu tentang tubuhmu. Jadi sebelum perawatan dimulai, ada baiknya kamu beri tahu mereka tentang kondisi tubuh kamu, misal ada tubuh yang memar, ada otot yang sakit atau keseleo atau kondisi lainnya. Nantinya, mereka bisa menghindari bagian tubuh yang sakit tersebut.

10. Cek jam mulai dan selesai perawatan

Sebuah hal yang normal jika spa memberi tahu durasi perawatan yang kamu ambil dalam buku menu mereka. Bisa 60 menit, 120 menit bahkan ada yang lebih dari 200 menit. Semakin lama semakin menyenangkan, kan? Tapi jangan lupa untuk melihat jam mulai dan selesai perawatan, mengecek apakah durasinya memang sesuai dengan yang mereka tulis.

11. Jangan lupa beri tahu tentang tekanan pijatan

Setiap orang punya toleransi yang berbeda terhadap rasa sakit. Buat kamu yang belum pernah spa atau massage, beberapa teknik pijatan, salah satunya deep tissue, akan menimbulkan rasa nyeri. Biasanya di awal massage, terapis akan bertanya apakah tekanannya sudah cukup, terlalu pelan atau terlalu kuat. Sampaikan saja dengan jujur biar nggak menyesal belakangan.

Unsplash.com/Anshu A

12. Bersih-bersih sampai bersih

Setelah perawatan, apalagi jika perawatan yang kamu ambil adalah untuk seluruh tubuh seperti massage atau lulur, maka pastikan kamu mandi sampai bersih, kalau perlu keramas untuk menghilangkan sisa-sisa bahan yang dipakai. Nggak mau kan badan kamu masih terasa berminyak? Kecuali kalau paket perawatan yang kamu pilih ditutup dengan berendam.

13. Beri penilaian

Salah satu hal yang dikeluhkan orang saat pertama kali mencoba massage atau spa adalah badan sakit semua. Aku dulu juga begitu. Tapi itu wajar karena mungkin tubuh kamu nggak terbiasa dipijat atau otot-ototmu sedang tegang. Kecuali kalau kamu sudah pernah spa tapi perawatan kali ini bikin badan kamu justru nggak enak, mungkin saatnya beralih ke tempat yang lain.

Sekarang sudah nggak bingung dan minder lagi ya kalau mau berkunjung ke spa!

cover image: Pexels.com/rawpixel

8 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: