Resepsionis Saffron Spa & Hammam
SPA

REVIEW: Saffron Spa & Hammam, Pengalaman Spa yang Bikin Baper

Setelah beberapa kali ambil treatment di berbagai spa, aku terbiasa dengan treatment spa yang nggak jauh berbeda. Biasanya hanya lokasi atau suasananya saja yang beda. Tapi kali ini aku coba yang beneran beda, yaitu di Saffron Spa & Hammam.

Sebenarnya kunjunganku ke Saffron Spa & Hammam ini sudah lumayan lama, yaitu awal Juli 2019 lalu atau sekitar 2 bulan dari aku menulis review ini. Awalnya mau langsung review sepulang dari sana, tapi nyatanya baru sempat sekarang. Terus gimana penilaianku tentang Saffron Spa & Hammam?

LOCATION

Saffron Spa & Hammam sendiri lokasinya ada di wilayah Cilandak, Jakarta Selatan. Dari rumahku di Pondok Melati, Bekasi, Cilandak itu bisa dibilang jauh tapi nggak jauh-jauh amat. Dia itu ada di kawasan perumahan dan memang bangunan spa ini adalah rumah. Untungnya di bagian tembok pagar ada tulisannya, jadi nggak akan kebingungan, apalagi kalau naik ojek online.

Logo di Saffron Spa & Hammam
Jangan sampai kebablasan

BUILDING

Saffron Spa & Hammam itu rumah tingkat 2, cukup besar dengan parkiran yang memadai kalau ada yang bawa kendaraan pribadi. Aman juga kalau parkir di sana karena ada penjaganya. Pas masuk ke halaman/parkiran, sempat agak ragu kalau di dalamnya ada spa, karena beneran berasa masuk ke rumah orang.

Bangunan Saffron Spa & Hammam
Dari luar seperti rumah biasa

INTERIOR

Sesaat setelah masuk dari pintu depan, suasananya seperti masuk ke rumah orang yang suka hal-hal berbau Maroko. Ada kaca besar dan bunga-bunga persis di depan pintu masuk. Nyaris nggak ada kesan kalau itu adalah tempat spa. Cat temboknya beragam, bukan pakai warna yang soft. Lalu ruang tunggunya pun juga homy banget meski agak redup (gordennya ditutup supaya nggak silau).

Dekorasi di Saffron Spa & Hammam
Pertama kali masuk langsung ada cermin
Ruang tunggu di Saffron Spa & Hammam
Ruang tunggu
Resepsionis Saffron Spa & Hammam

Sebenarnya interior di sini bisa dibilang dibagi dua, ya. Kalau di luarnya sendiri seperti di ruang santai dan koridor di lantai 2, itu rasanya biasa aja kayak rumah. Tapi ketika masuk ke ruang-ruang treatment-nya, mulai ada permainan warna dan nuansa Maroko-nya lebih kental.

Saffron Spa & Hammam
Logo di Saffron Spa & Hammam

Kebetulan hari itu aku ambil treatment yang Moroccan Hammam & Gommage dan ruangannya terletak di lantai 2. Kebetulan ada ruang santai mini sebelum masuk ke ruang uap/pemandian untuk Hammam. Dekorasinya menurutku juga asyik meski simpel.

Dekorasi a la Maroko di Saffron Spa & Hammam
Dekorasi khas Maroko
Dekorasi a la Maroko di Saffron Spa & Hammam
Dekorasi a la Maroko di Saffron Spa & Hammam

HOSPITALITY

Awalnya aku beli voucher spa ini di Traveloka waktu ada promo. Setelah beli, aku WA nomor yang ada di Instagram Saffron Spa & Hammam untuk minta menunya. Adminnya baik dan informatif. Begitu juga pas aku datang, resepsionisnya juga ramah. Sayangnya mungkin karena waktu itu aku booking via WA aja, jadi namaku belum dicatat kalau mau dateng hari itu. Tapi akhirnya nggak apa-apa dan aku bisa langsung treatment.

Baik resepsionis maupun terapisnya ramah. Kebetulan terapis aku ibu-ibu, mungkin udah 40-an tahun. Selesai treatment dan lagi di ruang tunggu, aku ketemu owner-nya (aku lupa namanya siapa) dan nanya gimana treatment yang aku pilih tadi, enjoy nggak. Pas ngobrol-ngobrol, owner-nya bilang kalau mereka sebentar lagi mau tutup! Aku kaget, dong! Masalahnya aku baru ‘kenalan’ nih sama spa ini, baru coba 1 treatment pula, tapi dibilang mereka akan tutup Agustus ini, yaitu 1 bulan setelah hari aku ke sana. 

Ini nih yang bikin baper dan selama di perjalanan pulang agak bengong karena nggak percaya aja. Mungkin agak terkesan berlebihan, tapi ya saat itu aku kaget banget. Pasalnya, pelayanan mereka bagus dan itu nggak cuma opini aku tapi review di internet. Karena owner-nya mau pindah, jadinya bisnis spa ini ditutup. Sediiih!

MENU

Pertama kali terima menunya lewat WA, sempat aku perhatiin satu-satu dan penasaran dengan Hammam. Aku belum browsing lebih lanjut apa itu Hammam dan kukira itu spa a la Maroko aja, masih ada massage-nya.

Selain Hammam, pilihan menu mereka juga variatif mulai dari massage, body mask, lalu ada treatment untuk kuku, wajah dan rambut, dan juga ada paket-paket lainnya.

FACILITIES

Berhubung aku ambil treatment yang Hammam, jadi aku nggak sempat eksplorasi lebih jauh mereka ada fasilitas apa aja. Yang jelas mereka punya steam room untuk Hammam, jadi di dalamnya ada tempat untuk rebahan terbuat dari marmer. Setahuku kalau Hammam memang rebahannya di atas marmer. Salah satu alasannya karena marmer bisa menghantarkan panas dengan baik karena selama treatment akan menggunakan air panas dan uap.

THE ROOM & AMBIENCE

Selama 2,5 jam aku berada di ruang Hammam/steam room ini. Ada dua dipan marmer di sana jadi bisa barengan kalau sama teman. Oiya, steam room ini bukan seperti sauna ya, tapi ruangan yang penuh uap air. Bisa dibilang semi kamar mandi karena seluruh dinding dan lantai pakai keramik dan ada bak airnya. Desainnya sendiri aku suka, mungkin Hammam di Maroko desain ruangannya seperti ini.

Ruang Hammam di Saffron Spa & Hammam

THE TREATMENT

Sudah terbiasa spa, Hammam ini jadi sesuatu yang baru buat aku. Aku sama sekali nggak nyadar kalau Hammam itu ternyata mandi/pemandian a la Maroko. Jadi bukan spa ya, tapi mandi.

Seperti biasa, aku diminta lepas baju dan pakai disposable panty. Aku berdiam diri dulu di steam room kurang lebih 10-15 menit. Oiya, steam-nya ini juga nggak panas sama sekali. Tujuan dari steam ini supaya pori-porinya terbuka  dan menghilangkan racun. Mungkin juga sebagai pemanasan karena tahap-tahap selanjutnya juga akan pakai air hangat.

Setelah itu dioles dengan sabun khas Maroko namanya Beldi. Walau juga dikenal dengan nama black soap, tapi warnanya nggak hitam. Warnanya agak keemasan kayak madu dan teksturnya seperti gel atau balsem. Pas dioles di kulit licin banget, kayak dioles minyak banyak. Setelah itu ditinggal lagi sama terapisnya karena ternyata memang harus didiamkan dulu.

Setelah sekitar 10-15 menit, terapis balik lagi untuk bilas badanku yang tadinya diolesi Beldi dengan air hangat agak panas. Baru deh di sini berasa sabunnya karena kulit jadinya kesat. Masuk ke sesi berikutnya yaitu membersihkan sel kulit mati dengan Kessa glove. Sebelumnya aku juga pernah dengar sarung tangan asal Maroko ini. Dia warnanya hitam (ada juga sih yang warna-warni) dan terbuat dari pohon kessa. Sarung tangannya ini kasar dan cocok banget buat scrubing. Percaya deh, walau kamu udah sering scrub, kalau pake Kessa glove ini keliatan banget kulit matinya pada rontok. Jadi tersadar kalau kulit kita ini menyimpan banyak kulit mati.

Setelah scrub pakai Kessa glove dan disiram lagi pakai air hangat, badanku diolesi Organic Ghassoul Clay, ya intinya lumpur mineral gitu. Dilanjutkan dengan mandi dan diolesi argan oil serta body lotion.

INGREDIENTS

Kalau untuk Hammam, di Saffron Spa & Hammam tentu pakai bahan-bahan yang organik dan bahkan impor langsung dari Maroko. Contohnya seperti Beldi dan lumpur mineralnya. Kalau di menunya, lumpur mineral ini hanya bisa ditemukan di Pegunungan Atlas.

Mereka juga jual beberapa produk seperti sabun Beldi dan argan oil-nya.

Produk di Saffron Spa & Hammam

PRICE & PROMO

Di sini aku pakai voucher Traveloka dan kebetulan waktu itu lagi ada promo. Treatment Moroccan Hammam & Gommage yang aku ambil ini harusnya seharga Rp 450 ribu kalau nggak salah (yang jelas di atas 400k) jadi Rp 270 ribu aja. Nggak ada bedanya juga sih karena kalau dari durasi memang pas 2,5 jam. Kalau promo di Saffron Spa & Hammam sendiri waktu itu aku nggak tahu ada atau nggak. Sistem pembayarannya di sini juga bisa pakai debit ya setahuku. 

Sedih banget karena udah nggak bisa lagi ke Saffron Spa & Hammam. Tapi aku mau berterima kasih karena di sanalah aku pertama kali cobain Hammam dan pengalaman di sana sangat baik dan berkesan. Yah, baper, deh.

Location, Building, Interior 86%
Hospitality 82%
Menu, Treatment, Ingredients 90%
Facilities, Room, Ambience 82%
Price & Promo 78%

Alamat: Jalan Melati Kav:3, Jl. Ampera Raya, RT.6/RW.2, East Cilandak, Pasar Minggu, South Jakarta City, Jakarta 12510

Jam buka: – (permanently closed)

Instagram: @saffronspaandhammam

Kontak: 02122785667 atau 08111633115

  • Parkiran
  • Debit card
  • Reservasi (WhatsApp)
  • Jual produk spa

Disclaimer: Tulisan ini tidak disponsori oleh pihak mana pun. Fasilitas dan penilaian yang ditulis murni berdasarkan pengalaman penulis.

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: